VISI MISI


VISI

Untuk memberikan gambaran harapan masa depan yang ingin dicapai Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi agar dapat berperan aktif, antisipatif, inovatif, dan produktif sesuai dengan eksistensinya dalam kerangka pembangunan serta mengacu pada Visi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yakni: ”TERWUJUDNYA MASYARAKAT BANYUWANGI YANG MANDIRI, SEJAHTERA DAN BERAKHLAQ MULIA MELALUI PENINGKATAN PEREKONOMIAN DAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA” dengan issue strategis: ”Peningkatan akses dan kualitas  pendidikan yang berakhlaq”, Visi Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi sebagai berikut : 

 “TERLAKSANANYA LAYANAN PRIMA PENDIDIKAN UNTUK MEMBENTUK MANUSIA BANYUWANGI CERDAS“

Penjelasan:

Yang dimaksud Layanan prima:   

  • Tersedia secara merata diseluruh Kabupaten Banyuwangi
  • Terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat
  • Berkualitas dan relevan sesuai dengan kebutuhan masyarakat
  • Setara  untuk seluruh masyarakat Kabupaten Banyuwangi
  • Kepastian bagi masyarakat Banyuwangi mengenyam pendidikan

 

Visi Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi ini lebih menekankan pada layanan pendidikan yang lebih berkualitas. Harapan Pendidikan di Kabupaten Banyuwangi bukan hanya sekadar mengantarkan masyarakat untuk memperoleh kesempatan pendidikan yang seluas-luasnya bagi masyarakat terutama masyarakat kurang mampu, namun juga untuk dapat memperoleh pendidikan yang berkualitas, melalui penyediaan  layanan pendidian  yang memadai, merata diseluruh pelosok Banyuwangi,terjangkau, berkualitas dan relevan, dapat dienyam oleh seluruh warga masyarakat Banyuwangi dengan tidak melihat jenis kelamin, suku, ras serta memiliki kepastian untuk memperoleh pekerjaan bagi siswa kejuruan dan sekaligus menuju  generasi muda yang cerdas dan berakhlaq.

MISI

Untuk mewujudkan visi pendidikan yang berkualitas dan berakhlaq tersebut Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi telah menetapkan MISI sebagai berikut :

  1. Meningkatkan ketersediaan layanan pendidikan.
  2. Meningkatkan keterjangkauan layanan pendidikan.
  3. Meningkatkan kualitas layanan pendidikan.
  4. Meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan.
  5. Meningkatkan kualitas lembaga pendidikan swasta sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan bidang pendidikan.

 

Tujuan

Tujuan yang akan dicapai untuk mewujudkan Visi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Banyuwangi adalah sebagai berikut:

  1. Tersedia dan terjangkaunya layanan PAUD oleh pemerintah dan masyarakat.
  2. Terjaminnya kepastian memperoleh layanan pendidikan dasar yang bermutu.
  3. Tersedia dan terjangkaunya layanan pendidikan menengah yang bermutu.
  4. Tersedia dan terjangkaunya layanan pendidikan orang dewasa yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
  5. Tersedianya sistem tata kelola yang baik dalam menjamin terselenggaranya layanan prima pendidikan.

 

Sasaran dan Indikator Sasaran

Sasaran adalah penjabaran dari tujuan suatu kegiatan yang akan dihasilkan atau yang akan dicapai yang sifatnya sangat spesifik dan nyata. Untuk memudahkan mencapai sesuatu tujuan tersebut antara lain :

  1. Meningkatkan perluasan paud formal dan non formal.
  2. Meningkatkan daya tampung dan sarana prasarana pendidikan dasar sesuai dengan standar nasional pendidikan.
  3. Meningkatkan daya tampung,sarana prasarana dan pendirian unit sekolah baru pendidikan menengah.
  4. Meningkatkan pendidikan non formal melalui pusat kegiaatan belajar masyarakat dan lembaga kursus.
  5. Meningkatkan tata kelola dan layanan pendidikan.

 

1. Sasaran strategis untuk mencapai tujuan 1

  1. APK PAUD ( 0-6 tahun ) mencapai ≥ 57,77%
  2. Kualifikasi pendidik PAUD formal berpendidikan minimalS1/D4 63,23%
  3. Prosentase Satuan pendidikan anak usia dini menerapkan sistem pembelajaran membangun karakter bangsa100 %

 

2. Sasaran strategis untuk mencapai tujuan 2

  1. APK SD/MI/paket A mencapai ≥ 102,00%
  2. APM SD/MI/paket A mencapai ≥ 99,03%
  3. Angka Partisipsi Sekolah kelompok usia 7-12 tahun mencapai99,93%
  4. APK SMP/MTS/paket B mencapai ≥ 99,68%
  5. APM SMP/MTS/paket B mencapai ≥ 95,86%
  6.  Angka Partisipsi Sekolah kelompok usia 13-15 tahun mencapai92,52%
  7. Angka putus sekolah SD mencapai ≤ 0,02 %, SMP ≤ 0,35%,
  8. Angka melanjutkan ke SMP/MTS/paket B 99,69%, Angka melanjutkan Ke SMA/SMK/MA/Paket C ≥ 89,88%
  9. Kualifikasi pendidik  berpendidikan minimal S1/D4 untuk SD/MI ≥ 86,54%, SMP/MTS 94,85 %
  10. Rasio guru/murid SD/MI 17,00
  11. Rasio guru/murid SMP/MTs 15,39
  12. Rasio ketersediaan sekolah/ penduduk usia sekolah 97,20
  13. Rasio guru/murid SD/MI perkelas rata-rata 23,30
  14. Rasio guru/murid SMP/MTs  perkelas rata-rata 33,96
  15. Angka kelulusan SD/MI/SDLB/Paket A mencapai 99,75 %, Angka kelulusan SMP/MTs/SMPLB/Paket B 96,18%
  16. Ruang kelas kondisi baik SD/MI/SDLB mencapai ≥ 91,13 %, SMP/MTs/SMPLB ≥ 85,59 %
  17. Rata-rata Ujian Nasional SD/MI/SDLB/Paket A mencapai ≥ 7,49 % SMP/MTs/SMPLB/Paket B mencapai ≥ 7,75%
  18. Siswa memiliki buku pelajaran SD/MI/SDLB/Paket A ≥ 89,05 %, SMP/MTs/SMPLB/Paket B ≥ 88,96 %
  19. Prosentase Satuan Pendidikan Dasar (SD/SMP) menerapkan sistem pembelajaran membangun karakter bangsa≥ 100,00%

 

3. Sasaran strategis untuk mencapai tujuan 3

  1. Prosentase Satuan Pendidikan Menengah (SLTA) menerapkan sistem pembelajaran membangun karakter bangsa≥ 100,00%
  2. Angka Partisipasi sekolah ≥ 78,98 %
  3. Rasio ketersediaan sekolah/penduduk usia sekolah 71,29%
  4. Rasio guru /murid 15,75%
  5. Rasio guru /murid perkelas rata-rata 38,18
  6. Angka Partisipasi Murni (APM) ≥73,38%
  7. Angka Putus sekolah(APS) ≤0,27%
  8. Angka kelulusan 96,45%
  9. Penduduk yang berusia >15 th melek huruf (tdk buta aksara) 99,92%
  10. Guru memiliki Kualifikasi S1 / DIV 97,19%
  11. Ruang Kelas Kondisi Baik 83,64%
  12. APK  ≥ 66,29 %
  13. Rata-rata Ujian Nasional 7,67%
  14. Siswa memiliki buku pelajaran lengkap setiap mata pelajaran 94,66%
  15. Angka rata-rata lama sekolah ≥ 7,75

 

4. Sasaran strategis untuk mencapai tujuan 4

  1. Penduduk usia 15-44 tahun bisa membaca dan menulis ≥99,92%
  2. Penduduk kelompok usia diatas 44 tahun buta aksara ≤ 0,08%
  3. Sekurang-kurangnya ≥ 30,00% program keahlian lembaga kursus dan pelatihan berakreditasi

 

5. Sasaran strategis untuk mencapai tujuan 5

  1. Opini audit  BPKatas laporan keuangan adalah wajar tanpa pengecualian (WTP)
  2. Skor laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sekurang-kurangnya 75