“CEPAT BERPRESTASI” SEBUAH INOVASI CERDAS DAN TEPAT BERKOLABORASI MERAIH PRESTASI


Published at 11/08/2020

“CEPAT BERPRESTASI” SEBUAH INOVASI CERDAS DAN TEPAT BERKOLABORASI MERAIH PRESTASI,

Dalam upaya memberikan ruang kepada  peserta   didik    untuk  aktif mengembangkan potensi dirinya menjadi sebuah prestasi dibutuhkan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan yang berdasarkan analisa cerdas dan tepat. . Prestasi Belajar merupakan segenap ranah psikologis yang berubah sebagai akibat pengalaman dan proses belajar siswa. Untuk meningkatkan prestasi belajar maka dibutuhkan strategi. Sebab permasalahan dan kebutuhan yang dimiliki oleh setiap sekolah berbeda- beda.

Setiap manusia dilahirkan dengan potensi diri yang berbeda-beda, seharusnya satuan pendidikan mampu memberikan ruang kepada peserta didik sesuai potensinya , kecerdasan anak bisa digolongkan dalam kecerdasan linguistik, kecerdasan logika-matematika, kecerdasan kinestetik, kecerdasan spasial, kecerdasan musikal., kecerdasan moral, kecerdasan naturalis, dan Kecerdasan interpersonal.

Dalam mencapai tujuan tersebu, diperlukan satu bentuk kegiatan yang nyata dan didukung oleh kompetensi Tenaga Pendidik dalam memanfaatkan metode dan media yang tepat , dan fasilitas sarana prasarana yang ada secara optimal.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi covid-19 telah menyebabkan perubahan secara signifikan dalam tata kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Pembelajaran yang selama ini dilaksanakan secara tatap muka , secara tiba-tiba harus berubah menjadi pembelajaran jarak jauh. Hal ini bukanlah sesuatu yang mudah, namun dengan kecerdasan dan ketepatan memilih bentuk kegiatan pandemi tidak lagi menjadi penghalang untuk tetap mengembangkan diri meraih prestasi. Hal ini termasuk memberikan bentuk-bentuk aktifitas yang bisa dilakukan peserta didik secara mandiri di rumah.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada  peserta didik secara daring dan luring, whatsapp grupgoogle classroom, google meet, video pembelajaran,, ataupun yang lainnya . Dengan mengoptimalkan media-media tersebut perlu juga ditanamkan sebuah pemahaman kepada peserta didik bahwa pandemi bukan halangan untuk berprestasi . 

Berdasarkan hal tersebut,  dan melalui  berbagai  analisis  dan  pertimbangan yang matang  akhimya   kami  mengambil  langkah  yaitu  sebuah gerakan “Cepat Berprestasi”  (Cerdas dan Tepat Berkolaborasi Meraih Prestasi)  yang mampu memberikan motivasi untuk menjadi sekolah yang tangguh, memiliki program unggulan , dan tetap berkarya sebaik mungkin disegala sisi dalam segala situasi dan kondisi. Langkah  ini  diambil  karena  keterbatasan pemantauan Guru terhadap aktifitas belajar peserta didik di rumah selama masa pandemic covid-19.

Dengan dasar pemahaman bahwa  kegiatan  pembelajaran tidak  boleh terhenti sekalipun dimasa pandemi. Seluruh warga sekolah harus dengan cerdas dan tepat  menyesuaikan diri dengan situasi pandemi covid-19. Gerakan cerdas dan tepat berkolaborasi meraih prestasi ini bertujuan  meminimalisir terjadinya ancaman putus sekolah (drop out), meminimalisir aktifitas siswa yang tidak terarah selama pembelajaran jarak jauh, meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dalam hal pemanfataan media digital, mengoptimalkan pengembangan potensi diri peserta didik sesuai kecerdasannya  dalam bentuk program unggulan secara daring dan luring, mencegah hilangnya motivasi belajar  secara berkepanjangan, meminimalisir terjadinya tekanan secara psikologi sosial dan kekarasan dalam rumah yang disebabkan karena interaksi orang tua, teman dan lingkungan yang bisa membuat anak stress

Manfaat program inovasi “Cepat Berprestasi” bagi pendidik adanya pelatihan pemanfaatan media digital meningkatkan kompetensi pendidik untuk lebih mengoptimalkan proses pembelajaran dengan memanfaatkan media TIK, sehingga proses pembelajaran jarak jauh bisa berlangsung secara optimal. Manfaat bagi peserta didik dengan memanfaatkan media digital proses pembelajaran dan pembinaan bisa berlangsung dengan baik .kompetensi peserta didik bisa dicapai sesuai indikator pencapaian kompetensi, potendi diri peserta didik bisa berkembanag sesuai kecerdasan dan kreatif. Selama masa pandemi dan belajar dari rumah peserta didik bisa mengisi waktu dengan belajar, mengembangkan diri dan berkreasi. Sedangkan manfaat bagi pemerintah daerah adanya inovasi cepat berprestasi bisa meminimalisir dampak negatif pandemi di dunia pendidikan.

 Dengan adanya Inovasi gerakan “Cepat Berprestasi” (cerdas dan tepat berkolaborasi meraih prestasi) semakin banyak karya-karya inovatif dari pendidik berupa media pembelajaran berbasis digital dan video pembelajaran yang bisa dikases peserta didik melalui media sosial dan web sekolah. Selain itu kreatifitas peserta didik dalam mengembangkan potensi diri juga akan semakin terasah, sehingga terbuka peluang yang sangat luas bagi peserta didik untuk meraih prestasi.