PKBM AL-FAYYAD LAUNCHING SEKOLAH LANSIA


Published at 10/08/2020

PKBM AL-FAYYAD LAUNCHING SEKOLAH LANSIA,

Banyuwangi – Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al-Fayyad Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi  sedang melakukan kegiatan soft launching Sekolah Lansia Penyandang Disabilitas, adapun acara tersebut di sertai dengan berbagai rangkaian kegiatan. 

Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran dikalangan lansia dan masyarakat desa tentang pentingnya untuk menempuh Pendidikan dan  menjadi sasaran sekaligus tantangan bagi PKBM AL-FAYYAD untuk mengajak para masyarakat mengikuti program yang disediakan oleh pihak PKBM sendiri maupun program yang diarahkan dan dinaungi oleh pemerintah setempat, adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan kali ini juga melaksanakan agenda yang diberikan oleh pihak pemerintah kabupaten.

Pengelola PKBM Al-Fayyad Danang mengatakan “Acara ini ditujukan sebagai pengenalan awal untuk dilakukanya kegiatan belajar mengajar yang diadakan oleh PKBM AL-FAYYAD kepada para lansia dan penyandang disabilitas.”

Kegiatan yang ditujukan sebagai pemicu awal untuk memajukan masyarakat dengan cara memberikan edukasi terkait akademik maupun non akademik. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan batuan berupa kursi roda dan alat bantu berjalan bagi para penyandang disabilitas, adapun kegiatan lain seperti pengecekan mengenai dana bantuan apakah sudah tersalurkan sesuai dengan data.

“Program ini adalah program unggulan dari PKBM Al-Fayyad, sesuai judul inovasinya “Sekolah Lansia,” secara otomatis mereka dengan rata-rata usia di atas 60 tahun, dan sesuai kategori lansia, mereka dibedakan menjadi 3 macam, Lansia muda, Lansia Tengah, dan Lansia Tua.” ujarnya.

“Sekolah Lansia dan Disabilitas sebenarnya terkonsep sudah cukup lama oleh rekan-rekan PKBM Al-Fayyad, dan baru hari ini bisa diresmikan langsung oleh Kepala Desa Singolatren yaitu Bapak Apandi,” imbuhnya.

Acara berlangsung di kantor Desa Singolatren ini disaksikan oleh Bapak Penilik PAUD Dikmas Kecamatan Singojuruh, Bapak Pendamping PKH Sosial Kecamatan Singojuruh, dan Pembina Yayasan KFK Al-Maulana.

“Kami dari Pemerintah Desa Singolatren sangat mendukung atas program yang di cetuskan oleh rekan-rekan PKBM Al-Fayyad khususnya dalam memberikan muatan-muatan positif kepada masyarakat Singolatren.” kata Afandi.

Agenda hari ini di ikuti oleh kurang lebih 20 Warga Belajar peserta Sekolah Lansia dan Disabilitas, yang memang rata-rata usianya 60 tahun ke atas.