Verval Data Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah

Program Penguatan Kepala Sekolah, Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah, mengamanatkan bahwa pengangkatan kepala sekolah harus memenuhi persyaratan dan proses seleksi. Program PPCKS mulai dilaksanakan tahun 2010, sedangkan program Penguatan Kepala Sekolah mulai dilaksanakan tahun 2018. Selain itu, penugasan sebagai kepala sekolah dibatasi maksimal 3 periode, dan untuk melanjutkan ke periode berikutnya, kepala sekolah diwajibkan mengikuti uji kompetensi seperti dijelaskan pada Bab V tentang Penugasan Kepala Sekolah, Pasal 12 ayat (8).

LPPKS juga memiliki tugas untuk melaksanakan diklat calon pengawas sekolah. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 212/P/2018 tentang Penugasan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah untuk Melaksanakn Penyiapan Pengembangan dan Pemberdayaan Pengawas Sekolah.

Tahun 2019, LPPKS memiliki kegiatan Diklat Penguatan Kepala Sekolah, Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS), dan Diklat Calon Pengawas Sekolah. Sebelum pelaksanaan kegiatan, diperlukan adanya data awal sebagai pemetaan pelaksanaan diklat penguatan kepala sekolah, uji kompetensi kepala sekolah, dan diklat calon pengawas sekolah. Salah satu langkah yang akan dilakukan untuk memperoleh data periodesasi kepala sekolah adalah dengan melakukan Verval Data Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi.

 

Tujuan dari Verval Data Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah adalah:

1.       Mendapatkan data yang valid tentang sasaran Diklat Penguatan Kepala Sekolah;

2.       Mendapatkan data yang valid tentang sasaran Diklat Calon Pengawas Sekolah;

3.       Mendapatkan data yang valid tentang sasaran Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS)